Saturday, October 20, 2012

Percobaan yang Berhasil

Invasi Photoshop 

Lukisan disamping merupakan karya pertama saya yang memanfaatkan teknologi komputer dalam proses pengerjaannya. Saya memadukan lima gambar berbeda dari internet dan mengubah nuansa warna yang ada pada setiap gambar tersebut kemudian menyatukannya kedalam satu komposisi yang saya rasa menarik. Proses pemindahan dari hasil print keatas kanvas dilakukan secara manual tanpa tracing, hanya pada ka pal saya menggunakan skala karena takut proporsinya menjadi rusak. Proses pembuatan memakan waktu sekitar tiga minggu karena tidak dikerjakan secara intens.

Pada awalnya lukisan tersebut tidak saya tandatangani dan tidak berjudul karena saya menganggapnya sebagi eksperimen, eksperimen yang berhasil saya kira. Dapat dilihat tandatangan pada pojok kanan bawah bertuliskan tahun 2009 karena memang lukisan ini dibuat dan selesai pada tahun itu tetapi pembubuhan tandatangannya saya lakukan pada tahun 2010 ketika karya ini mau dipamerkan dan saya beri judul "Nuansa Warna". Untuk beberapa waktu setelahnya saya sangat menikmati bantuan edit Photoshop dalam merancang komposisi lukisan namun pada tahun 2011 saya sudah melepaskan kebiasaan ini dan mencoba untuk menikmati karya hasil editan imajinasi dan ekspresi saya langsung.

No comments:

Post a Comment